Sabtu, 17 Februari 2018

Penggunaan Dan Fungsi Minyak atsiri

     Minyak atsiri memberikan dampak langsung terhadap indra penciuman dengan cepat atau disebut “olfaction”. Jika minyak atsiri dihisap, reseptor olfactory memberikan stimulasi dan meneruskannnya pada pusat emosi di otak atau “limbic system”.
        Limbic system berhubungan langsung dengan otak yang mengatur ingatan, pernafasan, sistem sirkulasi darah dan juga kelenjar-kelenjar endokrin yang mengatur jumlah hormone pada tubuh.  Sifat dari minyak, keharuman dan efeknya menentukan stimulasi pada sistem tersebut.
      Jika digunakan untuk memijat, minyak atsiri tidak hanya dihisap, tetapi juag terabsorbsi ke dalam kulit. Minyak atsiri akan masuk ke dalam jaringan hingga mencapai peredaran darah dan ditransportasikan ke seluruh organ dan sistem dalam tubuh.
       Minyak atsiri memiliki kecepatan absorbsi yang berbeda-beda, tetapi secara umum terabsorbsi antara 20 menit hingga 2 jam sehingga sebaiknya setelah dipijat jangan langsung mandi untuk meningkatkan efektivitas dari pemijatan. Minyak atsiri akan berpenetrasi ke dalam sel dan terdispersi ke dalam tubuh sangat cepat, walupun kemampuan menyerap untuk tiap orang berbeda-beda.  Bermacam-macam penggunaan dari minyak atsiri, di bawah ini beberapa pemanfaatan yang umum dipakai yaitu :

  • Diffusion
         Dirancang agar minyak atsiri dapat terdispersi sebagai kabut mengisi ruangan dalam beberapa menit.  Minyak terdispersi tanpa terbakar yang menyebabkan minyak kehilangan manfaat sebagai bahan teraphi.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa mendifusikan minyak atsiri tertentu dapat menurunkan jumlah bakteri, kapang dan cendawan dan bau yang tidak menyenangkan.  Sebagai tambahan, metode ini dapat membantu kita menjadi relaks, menurunkan ketegangan, membantu mengelola berat tubuh, meningkatkan ketenangan mental.  Mendifuikan minyak atsiri dapat memurnikan udara dan mengisinya dengan keharuman tumbuhan yang segar.
  • Parfum dan Cologne
           
 Minyak atsiri yang termasuk bahan teraphi yang alami lebih segar dan baik bagi kesehatan disbanding dengan pewangi dan deodorant sintetis.  Minyak dari tumbuhan memiliki efek yang lebih lama dan memiliki efek seperti parfum.  Banyak bari cologne yang terkenal memiliki bau dasar dari minyak atsiri.  
  • Compress
              Gosoklah 2-3 tetes minyak atsiri pada lokasi yang diinginkan setelah diencerkan dengan minyak pembawa (carrier).  Ada sedikit minyak atsiri yang dapat digunakan langsung tanpa melalui pengenceran.  Hal tersebut tergantung dari minyak dan sensitivitas dari kulit.  Setelah di gosok tutuplah dengan handuk hangat dan biarkan selama 10 sampai 30 menit.
  • Bath and Shower
        Tambahkan 2-3 tetes minyak atsiri ke dalam shower gel yang tidak berbau kemudian digunakan untuk mandi.  Teknik yang sama dapat digunakan untuk shampoo yaitu sebagai conditioner.
  • Dihisap langsung (Direct Inhalation)
          Letakan beberapa tetes minyak atsiri pada tissue, sapu tangan dan hiruplah.  Metode ini memberikan kecepatan absorbsi pada sistem tubuh dan efeknya dapat langsung dirasakan.  
  • Humidifier / Vaporizer
       Minyak atsiri seperti peppermint oil, lemon atau frankincense sangat ideal digunakan untuk pelembab atau vaporizer.  Karena umumnya aroma berat bertahan lebih lama, citrus dan bau tanaman dapat digunakan sebagai pengharum ruangan.
  • Cleaning
              Beberapa tetes minyak atsiri dapat ditambahkan ke dalam mesin cuci dan mesin pencuci piring sebagai desinfektan dan pemurni.  Dapat pula ditambahkan pada minyak furniture untuk meningkatkan bau dari kayu.  Yang disukai umumnya aroma lemon, peppermint dan aroma yang menyegarkan.

 DAFTAR PUSTAKA

https://jualmesinminyakatsiri.wordpress.com/2016/07/26/8-manfaat-dan-fungsi-minyak-atsiri-akar-wangi-untuk-kesehatan/
https://nestri4ict.files.wordpress.com/2012/12/buku-atsiri.doc
https://dewismkn1tmg.wordpress.com/2013/04/12/bab-iv-pembuatan-minyak-atsiri/
http://www.pureessentialoils.com/bottles.htm
http://www.caesarvery.com/2012/11/macam-proses-pemisahan.html
https://hellosehat.com/hidup-sehat/tips-sehat/kayu-manis-penyakit-liver/
https://www.khasiat.co.id/daun/nilam.html
https://familinia.com/khasiat-dan-manfaat-jahe/
http://homesweetplant.blogspot.com/2016/05/cara-melakukan-budidaya-buah-pala-di.html
http://www.jurnalasia.com/bisnis/gambir-tanaman-liar-bernilai-ekonomi/
https://www.airfrov.com/blog-id/jo-malone-fun-facts/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tanaman penghasil Minyak Atsiri

     Tanaman penghasil minyak atsiri diperkirakan berjumlah 150 – 200 spesies tanaman yang termasuk famili Pinaceae, Labiateae, Compositae,...